Solusi Tangani Banjir Kawasan Pura Demak. Pemkot Denpasar Siapkan Rumah Pompa dan Normalisasi  Saluran Drainase

Solusi Tangani Banjir Kawasan Pura Demak.  Pemkot Denpasar Siapkan Rumah Pompa dan Normalisasi  Saluran Drainase

Denpasar - Seringnya terjadi genangan saat hujan di kawasan Jalan Pura Demak mendapatkan perhatian serius  Pemkot Denpasar. Pada Jumat (20/1) Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara langsung turun memimpin peninjauan dan pengambilan langkah solusi penanganan genangan di kawasan Jalan Pura Demak Desa Dauh Puri Kelod dan sekitarnya.  Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Denpasar, AA Ngurah Bagus Airawata, Kabag Protokol, Kalaksa BPBD IB. Joni Ariwibawa dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai serta  OPD terkait Pemkot Denpasar.

Meski dalam situasi libur hari Siwalatri, Jaya Negara turun langsung meninjau dan menelusuri ruas jalan kawasan Pura Demak yang terjadi genangan. 

"Kita saat ini turun bersama meninjau serta untuk dapat merumuskan permasalahan serta mencarikan solusi dalam penanganan genangan di Pura Demak," ujar Jaya Negara. Dalam peninjauan dijelaskan Jaya Negara pihaknya juga melibatkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida dan akan melaksanakan pembuatan serta melakukan pengkajian untuk pembuatan rumah pompa, Longstorage sehingga genangan dapat teratasi. Di samping itu juga kita maksimalkan atau normalisasi  saluran-saluran drainase yang sudah ada. "Saat ini sedang kita jajagi untuk pembuatan rumah pompa, longstorage dan memaksimalkan saluran drainase yang ada serta pembuatan manhole," ujarnya.

Sementara Kadis PUPR,  AA Ngurah Bagus Airawata menyampaikan pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan dari Walikota Denpasar untuk melakukan pembahasan bersama BWS. Disamping itu pihak BWS juga telah melakukan kajian dengan langkah bersama nanti dapat melaksanakan penanganan genangan di kawasan Jalan Pura Demak. "Untuk memaksimalkan saluran drainase yang telah ada juga, kami secara rutin melakukan penggelontoran dengan menurunkan petugas dan melakukan pembersihan saluran  drainase atau got yang ada, serta nanti dalam antisipasi akan kami siapkan manhole untuk mengantisipasi genangan di kawasan Pura Demak," ujar Airawata. Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama mendukung upaya pencegahan banjir di Kota Denpasar dengan tidak membuang sampah ke saluran air. Seperti diketahui kawasan Pura Demak memang menjadi langganan banjir saat musim hujan. Disampaikan pula oleh Airawata bahwa saat ini di Denpasar masih terdapat 11 titik lokasi banjir yang sebelumnya terdapat 32 lokasi. "Dengan berbagai langkah yang kami lakukan dapat mengurangi titik titik banjir yang ada di Kota Denpasar,"

Share
Tags